Sabtu, 01 Februari 2020

NGAJI TUROTS SYAIKHONA KHOLIL BANGKALAN

NGAJI TUROTS SYAIKHONA KHOLIL BANGKALAN

Setelah dilaunching pada Hari Santri 2019 lalu bersama Aswaja NU Center Jatim, kedua kitab Syaikhona Kholil Bangkalan dikaji oleh Gus Ghofur dan Gus Baha' di Pondok Syaikhona Kholil, Kademangan Bangkalan Madura, yang diasuh oleh KH Fakhrillah Aschol (Rais Syuriyah PCNU Bangkalan)

Gus Baha' lebih banyak menyampaikan isi kitab yang berkaitan dengan ilmu nahwu, yaitu Taqrirat Qaidah I'rab yang ditulis oleh Syaikhona Kholil. Beliau pun menyampaikan bahwa sebelum Syaikhona memiliki karomah sebagai Waliyyullah, beliau telah menjadi orang alim terlebih dahulu.

Sementara Gus Ghofur lebih banyak mengulas tentang Guru Spiritual. Bahwa semua pergerakan tidak hanya ditopang oleh kekuatan, dana, intelektual maupun dimensi fisik, namun pasti memiliki sosok yang ahli dalam bidang spiritual. Di NU itu adalah Syaikhona Kholil.

"Orang besar bukanlah orang yang hanya besar dirinya saja, namun dapat membesarkan penerusnya. Generasi penerus seperti KH Hasyim Asy'ari, Wahab Hasbullah, KH Bishri, KH Manaf Lirboyo dan kyai-kyai besar lainnya adalah orang-orang yang dibesarkan oleh Syaikhona Kholil. Maka tidak ada keraguan lagi akan kehebatan Syaikhona Kholil Bangkalan" kata putra Kyai Maimun Zubair lulusan Al-Azhar ini.

•] Alhamdulillah berkat bantuan Gus Fathurrozi Zubair saya berada di bagian depan dan bisa melihat langsung kedua Nara sumber tadi malam

KH. Ma'ruf Khozin

#SantriMbelinxsID
#NahdhotulUlama
#AhlusSunnahWalJamaahAnNahdhiyyah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERJEMAHAN KITAB KASYIFATUS SAJA - SYARAH SAFINATUN NAJA

TERJEMAHAN KITAB KASYIFATUS SAJA  - SYARAH SAFINATUN NAJA | Pustaka Mampir Karya Syekh Muhammad Nawawi b...