Sabtu, 16 November 2019

Nama-nama IMAM dalam QIRO'AH SAB'AH

Nama-nama IMAM  dalam QIRO'AH SAB'AH adalah sebagai berikut :

1. IMAM NAFI' BIN NA'IM(... -169H) 

Nama lengkapnya adalah Abu Ruwaim Nafi’ ibnu Abdurrahman ibnu Abi Na’im al-Laitsy, asalnya dari Isfahan. Dengan kemangkatan Nafi’ berakhirlah kepemimpinan para qari di Madinah al-Munawwarah. Beliau wafat pada tahun 169 H. 

Perawi-perawinya yang termasyhur ialah QOLUN Abu Musa ‘Isa bin Mina dan WAROSY Abu Sa’id Utsman bin Sa’id.

2.IMAM IBNU KATSIR(... -120H) 

Nama lengkapnya adalah Abu Muhammad Abdullah Ibnu Katsir ad-Dary al-Makky, ia adalah imam dalam hal qira’аt di Makkah, ia adalah seorang tabi’іn yang pernah hidup bersama shahabat Abdullah ibnu Jubair. Abu Ayyub al-Anshari dan Anas ibnu Malik, dia wafat di Makkah pada tahun 120 H. 

Perawi-perawinya yang termasyhur ialah AL BAZZY Abdul Hasan Hamid bin Muhammad dan QUNBUL Abu Umar Muhammad

3.IMAM ABU 'AMR(68H-154H)

Nama lengkapnya adalah Abu ‘Amr Zabban ibnul ‘Ala’ ibnu Ammar al-Bashry, sorang guru besar pada rawi. Disebut juga sebagai namanya dengan Yahya, menurut sebagian orang nama Abu Amr itu nama panggilannya. Beliau wafat di Kufah pada tahun 154 H.

Perawi-perawinya yang termasyhur ialah AD DUURY dan AS SUSY Abu Syu’aib Shaleh bin Ziyad.

4. ABDULLAH BIN 'AMIR(21 H-118 H) 

Nama lengkapnya adalah Abdullah al-Yahshshuby seorang qadhi di Damaskus pada masa pemerintahan Walid ibnu Abdul Malik. Panggilannya adalah Abu Imran. Dia adalah seorang tabi’іn, belajar qira’аt dari Al-Mughirah ibnu Abi Syihab al-Mahzumy dari Utsman bin Affan dari Rasulullah SAW. Beliau Wafat di Damaskus pada tahun 118 H. 

Perawi-perawinya yang termasyhur ialah HISYAM dan IBNU DZAKWAN.

5.IMAM 'ASHIM AL KUFY(...-127 H)

Nama lengkapnya adalah ‘Ashim ibnu Abi аn-Nujud al-Asady. Disebut juga dengan Ibnu Bahdalah. Panggilannya adalah Abu Bakar, ia adalah seorang tabi’іn yang wafat pada sekitar tahun 127-128 H di Kufah. 

Perawi-perawinya yang termasyhur ialah Abu Bakar SYU'BAH bin Ilyas dan Imam HAFS bin Sulaiman.

6.IMAM HAMZAH AL KUFY(80 H-154 H)

Nama lengkapnya adalah Hamzah Ibnu Habib Ibnu ‘Imarah az-Zayyat al-Fardhi ath-Thaimy seorang bekas hamba ‘Ikrimah ibnu Rabi’ аt-Taimy, dipanggil dengan Ibnu ‘Imarh, wafat di Hawan pada masa Khalifah Abu Ja’far al-Manshur tahun 156 H. 

Perawi-perawinya yang termasyhur ialah Abu Muhammad KHOLAF bin Sisyam dan Abu ‘Isa Khalid bin KHOLAD.

7.IMAM ALI AL KISAIY(...-189 H)

Nama lengkapnya adalah Ali Ibnu Hamzah, seorang imam nahwu golongan Kufah. Dipanggil dengan nama Abul Hasan, menurut sebagiam orang disebut dengan nama Kisaiy karena memakai kisa pada waktu ihram. Beliau wafat di Ranbawiyyah yaitu sebuah desa di Negeri Roy ketika ia dalam perjalanan ke Khurasan bersama ar-Rasyid pada tahun 189 H. 

Perawi-perawinya yang termasyhur ialah ABUL HARITS Al-Laits bin Khalid dan HAFS ADDURY.

**********

Bacaan Al-qur’an yang banyak diikuti dan berlaku di berbagai Negara, Hususnya (Indonesia) adalah bacaan dengan mengikuti Qiro’ah Riwayat Imam HAFS BIN SULAIMAN bin Mughiroh al Bazzar Al Kufy (Lahir 90 H. - wafat tahun 180 H) dari Imam ‘ASHIM BIN ABIN NADUUD (wafat tahun 128 H) yang bacaannya disebut Qiro’ah Masyhuroh.
Karena Keberkahan Beliau (IMAM HAFS) yang telah Hatam Alqur'an dihadapan seorang Guru (Imam 'Ashim) sebanyak hitungan ayat Alqur'an 6.666 kali Hataman.

#SantriMbelinxsID
#TheSarungersSquad

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERJEMAHAN KITAB KASYIFATUS SAJA - SYARAH SAFINATUN NAJA

TERJEMAHAN KITAB KASYIFATUS SAJA  - SYARAH SAFINATUN NAJA | Pustaka Mampir Karya Syekh Muhammad Nawawi b...