Jumat, 15 November 2019

NGAJI SAFINATUS SHOLAH part 4

NGAJI SAFINATUS SHOLAH
(Sayyid 'Abdullah bin Umar bin Yahya Al-Hadromiy Asy-Syafi'i)

PART 4

URUT-URUTAN BACAAN DALAM SHOLAT

ومما يتأكد معرفته أذكار الصلاة ونحن نذكرها هنا بإختصار

فيقول المصلي أصلي فرض الظهر أربع ركعات أداء مستقبل القبلة مأموما لله تعالى الله أكبر ويبدل الظهر في غيرها باسمها وذكر عدد ركعاتها ويقول إماما بدل مأموما إن كان إماما ويتركهما إن كان منفردا

ثم يقول: وجهت وجهي للذي فطر السموات والأرض حنيفا مسلما وما أنا من المشركين إن صلاتي ونسكي ومحياي ومماتي لله رب العالمين، لا شريك له وبذلك أمرت وأنا من المسلمين

أعوذ بالله من الشيطان الرجيم.بسم الله الرحمن الرحيم.الحمد لله رب العالمين الرحمن الرحيم مالك يوم الدين إياك نعبد وإياك نستعين اهدنا الصراط المستقيم صراط الذين أنعمت عليهم غير المغضوب عليهم ولآالضآلين آمين

ثم يقرأ السورة

الله أكبر

سبحان ربي العظيم وبحمده ثلاث مرات

سمع الله لمن حمده

ربنا لك الحمد ملء السموات وملء الأرض وملء ما شئت من شيء بعد

الله أكبر

سبحان ربي الأعلى وبحمده ثلاث مرات

الله أكبر

رب اغفر لي وارحمني واجبرني وارفعني وارزقني واهدني وعافني واعف عني

الله أكبر

سبحان ربي الأعلى وبحمده ثلاث مرات

فهذه ركعة ويفعل في باقي الركعات جميع ما ذكرناه إلا النيه وتكبيرة الإحرام وهي في الأولى

وإذا زادت صلاته على ركعتين جلس للتشهد الأول فيقول:التحيات المباركات الصلوات الطيبات لله السلام عليك أيها النبي ورحمة الله وبركاته السلام علينا وعلى عباد الله الصالحين أشهد أن لا إله إلا الله وأشهد أن محمد رسول الله اللهم صل على محمد

الله اكبر

ثم يقوم ويأتي بباقي ركعات صلاته لكن لايقرأ سوره بعد التشهد الأول

ثم إذا أتم الركعات جلس الجلوس الأخير ويقول فيه التحيات المباركات الصلوات الطيبات لله السلام عليك أيها النبي ورحمه الله وبركاته السلام علينا وعلى عباد الله الصالحين أشهد أن لاإله إلا الله وأشهد أن محمد رسول الله

اللهم صلي على محمد عبدك ورسولك النبي الأمي وعلى آل محمد وأزواجه وذريته كما صليت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم

وبارك على محمد النبي الأمي وعلى آل محمد وأزواجه وذريته كما باركت على ابراهيم وعلى آل ابراهيم في العالمين إنك حميد مجيد

اللهم اغفر لي ما قدمت وماأخرت وما أسررت وما أعلنت وما أسرفت وما أنت أعلم به مني أنت المقدم وأنت المؤخر لا إله إلا أنت ربنا أتنا في الدنيا حسنه وفي الأخرة حسنة وقنا عذاب النار

اللهم إني أعوذ بك من عذاب القبر ومن عذاب النار ومن فتنة المحيا والممات ومن فتنة المسيح الدجال

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

وصلى الله على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه وسلم

والحمد لله رب العالمين

Sebagian perkara yang sangat dianjurkan untuk diketahui adalah dzikir – dzikir yang dibaca ketika sholat, disini kami akan menuturkannya secara ringkas;

1. Orang yang mengerjakan sholat mengucapkan :

Usholli fardhodh dhuhri arba’a roka’atin ada’an mustaqbilal qiblati ma’muman lillahi ta’ala

(Artinya : “Saya sholat dhuhur 4 roka’at dengan dikerjakan pada waktunya, menghadap kiblat, menjadi makmum, dan dikerjakan semata – mata karena Alloh yang maha luhur”)

Kata “dhuhur” tersebut diganti dengan yang lainnya tergantung sholat yang dikerjakan

Dan disebutkan pula bilangan roka’at – roka’atnya (sesuai dengan sholat yang dikerjakan)

Sedangkan apabila orang yang sholat tersebut menjadi imam, maka kata “ma’muman” diganti menjadi “imaman’, dan apabila sholatnya sendirian tidak usah menambahkan kata “ma’muman” dan “imaman’.

2.Membaca (do’a iftitah) :

Inni wajjahtu wajhiya lilladzi fathoros samaawati wal ardho haniifan muslimaa wamaa ana minal musyrikiin, Inna sholaati, wanusuki, wamahyaaya, wa mamaati, lillahi robbil ‘aalamiin, Laa syariika lahuu wabidzalika umirtu wa ana minal muslimiin.

(Artinya : “Sesungguhnya aku menghadapkan diriku kepada dzat yang menciptakan langit dan bumi, dengan berpegang teguh kepada agama yang benar, dalam keadaan islam dan aku bukanlah Ttrmasuk orang-orang yang mempersekutukan tuhan. Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah karena Allah, Tuhan semesta alam. Tidak ada sekutu bagiNya, demikianlah aku diperintah dan aku termasuk golongan orang-orang muslim.”)

3.(Membaca surat Al-Fatihah) :

A’udzu billahi minasy syaithonirrojim. Bismillahirrohmanirrohim. Alhamdulillahi robbil ‘alamiin. Arrohmanirrohim. Maaliki yaumiddiin. Iyyaaka na’budu waiyyaka nasta’iin. Ihdinash shirothol mustaqiim. Shirootholladzina an’amta ‘alaihim, ghoiril maghdzubi ‘alaihim waladhdhoolliin.

(Aku berlindung kepada Alloh dari godaan syetan yang terkutuk. Dengan menyebut nama Alloh yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji  bagi Alloh, Tuhan semesta alam. Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Tuhan  yang menguasai di hari Pembalasan. Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus.  (yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.)

4.Membaca surat al-qur’an

5.(Setelah membaca surat dan sebelum rukuk membaca) “Alloohu ‘akbar” (Alloh maha besar)

6.(Ketika rukuk membaca) : “Subhaana robbiyal ‘adhimi wabihamdih” (maha suci tuhanku yang agung) dibaca sebanyak 3 kali.

7.(Setelah rukuk dan sebelum i’tidal membaca) : “Sami’alloohu liman hamidah” (Alloh mendengar orang yang memujiNya).

8.(Ketika i’tidal membaca) : “Robbanaa lakal hamdu mil’us samaawati wamil’ul ‘ardhi wamil’u maa syi’ta min syai’in ba’du” (Tuhan kami (hanya) untukMu lah (segala) puji sepenuh langit dan sepenuh bumi dan sepenuh segala sesuatu sesuai KehendakMu setelahnya)

9.(Setelah i’tidal dan sebelum sujud membaca) : “Alloohu akbar”.

10.(Ketika sujud membaca) : “Subhaana robbiyal a’laa wa bihamdih” (maha suci tuhanku yang maha tinggi dan dengan memuji kepadaNya), dibaca 3 kali.

11.(Setelah sujud dan sebelum duduk membaca) : “Alloohu akbar”.

12.(Ketika duduk diantara 2 sujud membaca) : “Robbighfirlii warhamnii wajburnii warfa’nii warzuqnii wahdinii wa’fu ‘annii” ("Wahai Tuhanku, ampuni dosaku, rahmati aku, tutuplah aib-aibku, angkatlah aku, beri aku rizki, tunjukilah aku, sehatkan aku, dan maafkan kesalahan-kesalahanku)

13.(Setelah duduk dan sebelum sujud kedua membaca) :  “Alloohu akbar”.

14.(Ketika sujud kedua membaca) : “Subhaana robbiyal a’laa wa bihamdih”

15.Ini adalah sholat 1 roka’at, dan pada roka’at – roka’at yang tersisa juga mengerjakan semua hal yang telah kami jelaskan, kecuali niat dan takbirotul ihrom yang hanya dikerjakan pada roka’at pertama.

16.Dan jika sholatnya lebih dari 2 roka’at, duduk untuk mengerjakan tasyahud awal, sambil mengucapkan :

“Attahiyyatul mubarokatus sholawatut thoyyibatu lillah, Assalaamu ‘alaika ayyuhan nabiyyu warohmatullohi wabarokatuh, Assalaamu ‘alaina wa ‘alaa ‘ibaadillalhis shoolihin, Asyhadu alla ilaala illalloh, Wa asyhadu ‘anna muhammadar rosululloh, Alloohumma sholli ‘ala Muhammad”

(Segala penghormatan, keberkahan, rahmat dan kebaikan adalah milik Alloh. Semoga keselamatan, rahmat Alloh dan berkah-Nya tetap tercurahkan kepada engkau wahai nabi. Semoga keselamatan selalu dilimpahkan kepada kami dan hamba – hamba Alloh yang sholeh. Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Alloh. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad  adalah utusan Alloh. Ya Alloh, limpahkanlah rahmat ta’dzim kepada Muhammad) 

17.(Setelah tasyahud dan sebelum berdiri, membaca) : “Allohu akbar”

18.Kemudian berdiri dan mengerjakan roka’at – roka’at selanjutnya, tapi tidak lagi membaca surat setelah tasyahud awal (pada roka’at ketiga atau keempat, setelah membaca surat al-fatihah, tidak lagi membaca surat al-qur’an).

19.Setelah menyempurnakan semua roka’at sholat, lalu mengerjakan duduk yang terakhir, sambil mengucapkan :

“Attahiyyatul mubarokatus sholawatut thoyyibatu lillah, Assalaamu ‘alaika ayyuhan nabiyyu warohmatullohi wabarokatuh, Assalaamu ‘alaina wa ‘alaa ‘ibaadillalhis shoolihin, Asyhadu alla ilaala illalloh, Wa asyhadu ‘anna muhammadar rosululloh,

 Alloohumma sholli ‘ala Muhammadin, abdika, wa rosulikan nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa ‘aali Muhammadin wa azwaajihi wa dzurriyyatihi kamaa shollaita ‘alaa ibroohiima wa ‘ala ‘aali ibroohim,

Wa baarik ‘alaa Muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa aali muhammadin wa azwaajihii wadzurriyyaatihii kamaa baarokta ‘alaa ibroohima wa ‘alaa ‘aali ibroohim fil ‘aalamiina innaka hamidum majiid,

Alloohummaghfirlii maa qoddamtu wa maa akhkhortu wa maa asrortu wa maa a’lantu wa maa asroftu  mawaa anta a’lamu bihii minni, antal muqoddimu wa antal muakhkhiru, laa ilaaha illaa anta.

Robbanaa aatinaa fiddunya hasanah wafil akhiroti hasanah waqinaa adzaabannar.

Alloohumma innii a’udzu bika min adzaabil qobri wa min adzaabinnar wa min fitnatil mahyaa wal mamaat wa min fitnatil masiihid dajjal

(Segala penghormatan, keberkahan, rahmat dan kebaikan adalah milik Alloh. Semoga keselamatan, rahmat Alloh dan berkah-Nya tetap tercurahkan kepada engkau wahai nabi. Semoga keselamatan selalu dilimpahkan kepada kami dan hamba – hamba Alloh yang sholeh. Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Alloh. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad  adalah utusan Alloh.

Ya Alloh, limpahkanlah rahmat kepada Muhammad, hambamu sekaligus utusanmu, nabi yang tak dapat membaca dan menulis, dan juga kepada keluarga Muhammad, istri – istrinya dan keturunannya, sebagaimana Engkau limpahkanlah rahmat ta’dzim kepada Ibrohim dan keluarga Ibrohim.

Dan limpahkanlah keberkahan kepada Muhammad, nabi yang tak dapat membaca dan menulis, dan juga kepada keluarga Muhammad, istri – istrinya dan keturunannya, sebagaimana Engkau limpahkanlah keberkahan kepada Ibrohim dan keluarga Ibrohim di sekalian alam, sesungguhnya Engkaulah dzat yang terpuji dan agung.

Ya Alloh, Ampunilah aku akan (dosaku) yang aku lewatkan dan yang aku akhirkan, apa yang aku rahasiakan dan yang kutampakkan, yang aku lakukan secara berlebihan, serta apa yang Engkau lebih mengetahui dari pada diriku, Engkaulah yang mendahulukan dan
mengakhirkan, Tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau.

Ya Alloh, berikanlah kepadaku kebaikan didunia dan di akhirat dan jauhkanlah aku dari siksa neraka.

Ya Alloh, sesungguhnya aku memohon perlindungan kepadaMu dari siksa kubur, siksa neraka, fitnah kehidupan, fitnah kematian dan fitnah dajjal yang buta satu matanya.

20.(Terakhir, salam dengan membaca) : “Assalaamu ‘alaikum warohmatullohi wabarokaatuh’ (Keselamatan bagi kalian, dan juga rahmat dan keberkahan Alloh).

Semoga rahmat ta’dzim Alloh dan keselamatan-Nyasenantiasa tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad, dan juga bagi keluarga, dan para sahabat beliau.

Dan Segala puji hanya bagi Alloh, Tuhan semesta Alam.

#NgajiSafinatusSholah4
#SantriMbelinxsID
#NahdhotulUlama
#AhlussunnahWalJamaahAnNahdhiyyah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERJEMAHAN KITAB KASYIFATUS SAJA - SYARAH SAFINATUN NAJA

TERJEMAHAN KITAB KASYIFATUS SAJA  - SYARAH SAFINATUN NAJA | Pustaka Mampir Karya Syekh Muhammad Nawawi b...