Jumat, 15 November 2019

JANGAN MENGIKUTI 4 IMAM MADZHAB SEKALIGUS

JANGAN MENGIKUTI 
4 IMAM MADZHAB SEKALIGUS

Di era tahun 90 an sampai sekarang ini mulai bermunculan beberapa gelintir orang yg gemar mencuplik (mencampur adukkan) rumusan yg telah disusun oleh 4 IMAM MADZHAB dalam beramaliah ibadah . Alasan merekapun dalam melakukan hal tersebut sangat fariatif, namun dari sekian banyak alasan yg mereka lontarkan ada satu alasan yg paling familiar, yaitu:

“Kami bukannya mencampur adukkan pendapat 4 imam madzhab, tapi kami hanya mengambil yg paling sahih mendekati Al-Qur’an dan Sunah.”
.
Yang pasti apapun alasannya mencampur adukkan rumusan 4 imam madzhab tetap tidak bisa di benarkan dalam Islam . Dengan mencampur adukkan rumusan 4 imam madzhab pada dasarnya meraka bukan mengikuti Imam Madzhab tapi justru sedang membuat madzhab yg baru lagi. 
.
Apa sebenarnya alasan sehingga tidak boleh mencampur adukkan rumusan 4 IMAM MADZHAB tersebut???

Berikut ini saya kutipkan beberapa alasan yg melatar belakanginya :
.
Keterangan dari Kitab Bughyatul Mustarsyidin:
.
تقليد مذهب الغير يصعب على العلماء الوقت فضلا عن عوامهم الى ان قال: وان لا تتبع الرخص بان ىاجذ من كل مذهب ما هو الاهون عليه وان لا يلفق بين قولين تتولد منهما حقيقة لا يقول بها كل من القائلين
(بغية المستر شدين)
.
Mengikuti madzhab imam lain , adalah sulit bagi ulama masa kini, apalagi kalangan awam. Dan hendaknya tidak mencari cari dispensasi dengan mengambil masing masing madzhab pendapat yang paling ringan, dan tidak boleh menggabungkan antara dua pendapat yang akan menimbulkan suatu kenyataan yang tidak pernah dinyatakan oleh siapapun (dari kalanganulama).
.
كان سيدي علي الخواص رحمة الله تعالى اذا سألهانسان عن التقيد بمذهب معين الآن. هل هو واجب او لا. يقول له يجب عليك التقيد بمذهب ما دامت لم تصل الى شهود عين الشريعة الاولى خوفا من الوقوع في الضلال وعليه عمل الناس اليوم (المزان)
.
Adalah yang mulia Ali Al-Khawash, bila ditanyakan oleh seseorang tentang mengikuti madzhab tertentu sekarang ini apakah wajib ataukah tidak, maka ia menjawab: 
“Kamu harus mengikuti suatu madzhab selama kamu belum bisa mencapai inti syari’at karena khawatir terjatuh pada kesesatan, sebagaimana yang banyak dilakukan oleh orang-orang sekarang ini “ 
.
وبان التقليد متعين للائمة الا ربعة وقال لان مذاهبهم اتشرت حتى ظهر تقيبد مطلقها وتخصيص عامها بخلا ف غيرهم (الجزء الرابع من الفتاوي الكبير في باب القضاء)
.
Sesungguhnya bertaqlid itu tertentu kepada empat imam madzhab (Maliki, Hanafi, Syafi’idan Hanbali) karena madzhab mereka telah tersebar luas, sehingga nampak pembatasan hukum muthlaqnya dan pengkhushusan hukum umumnya, berbeda dengan madzhab-madzhab yang lain.
..
قال صلى الله عليه و سلم اتبعوا السواد الا عظم. ولما اندرست المذاهب الحقة بإنقراض ائمتها إلاٌ المذاهب الاربعة التي انتشرت اتباعها كان اتباعها اتباعا للسواد الاعظم والخروج عنها خروجا عن السواد الاعظم (الجزء الرابع من سلم الأ صول شرح نها ية السول)
.
Rosululloh Saw bersabda : 

“Ikutilah As-Sawadul A’zhom (golongan mayoritas) .” 

Dan ketika madzhab –madzhab yang benar telah punah dengan kematian para imam –imamnya kecuali empat madzhab yang pengikutnya tersebar luas, maka mengikuti empat madzhab tersebut adalah mengikuti As-Sawadul A’zhom, dan keluar dari dari empat madzhab tersebut berarti telah keluar dari As-Sawadul A’zhom.
.
Demikian sekelumit paparan tentang alasan tdk bolehnya mengikuti 4 imam madzhab sekaligus. 
Semoga ada manfaatnya .

Dari berbagai sumber
#SantriMbelinxsID
#NahdhotulUlama
#AhlusSunnahWalJamaahAnNahdhiyyah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERJEMAHAN KITAB KASYIFATUS SAJA - SYARAH SAFINATUN NAJA

TERJEMAHAN KITAB KASYIFATUS SAJA  - SYARAH SAFINATUN NAJA | Pustaka Mampir Karya Syekh Muhammad Nawawi b...